Minggu, 10 Maret 2019

Cara Mengobati Ambeien Pada Anak

Cara Mengobati Ambeien Pada Anak  -Ambeien atau dikenal juga dengan wasir tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak juga bisa terkena penyakit ini, hanya saja memang tidak terlalu umum. Jika Anda mendapati si kecil menangis atau kesakitan saat buang air besar, ambeien bisa jadi salah satu penyebabnya. Kira-kira, apa yang menyebabkan ambeien pada anak? Lalu, apa lagi gejala yang bisa muncul? Yuk, pelajari lebih jelas ambeien pada anak berikut ini.



      Ambeien adalah penyakit di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah pada daerah anus atau dubur. Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur sehingga menghalangi aliran darah menuju anus. Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh seseorang yang susah buang air besar atau seseorang yang duduk dalam keadaan yang sama, lama, dan sering. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan makan makanan terlalu pedas.

Berbagai hal yang menyebabkan ambeien pada anak
      Ambeien umumnya disebabkan oleh tekanan besar pada pembuluh darah sekitar vena. Setiap kali makanan masuk, usus akan bergerak untuk mencerna dan mengambil nutrisinya sebelum disalurkan ke seluruh tubuh. Pada anak kecil, gerakan usus ini dapat membentuk jaringan di sekitar anus yang terisi darah.

    Hampir 75% orang pernah mengalami kondisi ini, termasuk anak-anak. Berbagai hal yang dapat menimbulkan tekanan besar pada vena anak dan menghambat aliran darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya ambeien, seperti:

  • Melakukan toilet training lebih dari 10 menit secara rutin.
  • Sering sembelit karena kurang asupan makanan berserat dan minum air putih.
  • Sering tantrum dan stres sehingga darah mengalir ke area panggul meningkat dan memberikan tekanan pada vena.
  • Terbentuknya tumor di usus besar atau peradangan di usus besar juga bisa meningkatkan tekanan sehingga berisiko ambeien.
  • Anak yang obesitas dan tidak aktif bergerak; si kecil lebih sering duduk di atas permukaan yang keras dalam waktu lama, duduk di lantai misalnya.
  • Memiliki keturunan dengan pembuluh darah vena yang lemah sehingga rentan dengan penumpukan darah.


    Walaupun jarang terjadi, ambeien pada anak dapat membuat anak tidak nyaman. Apalagi jika si kecil masih belum lancar berkomunikasi, ia akan sangat rewel dan membuat Anda cemas. Berbagai gejala ambeien yang dirasakan anak umumnya, meliputi:

  • Pendarahan pada anus disertai rasa gatal.
  • Anak menghabiskan waktu lebih lama untuk buang air besar. Ia juga enggan untuk pergi ke kamar mandi karena merasa sakit.
  • Adanya benjolan yang keluar dari anus.
  • Anak merasa tidak nyaman untuk duduk.
  • Kadang anus akan  berlendir hingga membasahi celana.
  • Feses yang dikeluarkan cenderung kering.



    Jika Anak mengalami gejala ambeien, segera periksa ke dokter. Jangan menunda pengobatan serta tidak menggunakan sembarang obat untuk mereka. Anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa sehingga pengobatan harus diawasi oleh dokter.

   Dokter akan memberikan obat untuk melancarkan feses, pereda nyeri dan gatal, serta mencegah iriasi lebih lanjut. Selain perawatan dokter, anak perlu mendapatkan perawatan tambahan di rumah, seperti:

  • Meningkatkan asupan makanan berserat, seperti sayur, buah, gandum, dan kacang-kacangan.
  • Memperbanyak minum air putih atau sering minum jus buah.
  • Menggunakan tisu basah yang lembut dan bebas pewangi untuk membersihkan area dubur.
  • Mengoleskan petroleum jelly pada area anus yang iritasi.
  • Mengajak anak untuk bergerak aktif dan olahraga.


    Nah, untuk bunda yang buah hatinya terkena ambeien. Tidak usah kawatir karena pada dasarnya ambeien akan kempes dengan sendirinya apabila bunda sudah menerapkan pola hidup sehat pada si kecil. Tetapi jika ambeien tidak kunjung kempes atau malah semakin parah, bunda bisa mengobatinya dengan cara tradisional. Cara tradisional ini menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita, mungkin beberapa diantaranya ada di rumah bunda. Bagaiman cara mnengobati ambeien tersebut,,??
yaitu:


1. Cara mengobati ambeien dengan bawang putih

    Bawang putih tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Meskipun baunya yang tidak enak atau menyengat, bawang putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara mengobati ambeien. Bawang putih banyak mengandung gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Kandungan terbesar dalam bawang putih adalah allicin. Kandungan ini memiliki manfaat penting sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Maka tidak salah jika bawang putih merupakan cara mengobati ambeien yang efektif.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih mudah saja :

  • Tumbuk halus 2 siung bawang putih
  • Oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus
  • Untuk melawan bakteri dari dalam, Anda bisa menggunakannya dengan cara meminum jus bawang putih setiap hari
  • Baik mengoleskan pada benjolan ataupun meminumnya harus dilakukan dengan rutin agar benjolan ambeien segera kempes.


2. Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis

    Kulit manggis juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh karena kulit manggis kaya akan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai anti-oksidan juga sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, anti-plasmodial. Turunan dari xanthone yang paling banyak terkandung pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Menurut penelitian, ke dua turunan senyawa xanthone itu bisa menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis adalah :

  • Keringkan kulit manggis terlebih dahulu
  • Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut
  • Minum air rebusan tersebut setiap hari


3. Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak

    Daun sirsak mengandung senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Karena itu tidak salah jika Anda menggunakan daun sirsak sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak adalah :

  • Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral.
  • Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja.
  • Minum air rebusannya setiap pagi dan malam.


4. Cara mengobati ambeien dengan lidah buaya

    Lidah buaya memang lebih sering dikaitkan pada dunia kecantikan seperti cara menyuburkan rambut dan cara memutihkan kulit. Namun tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang tidak kalah efektif. Zat yang terkandung pada lidah buaya juga berfungsi sebagai anti-oksidan dan detoksifikasi tubuh yang alami. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien dengan cara :

  • Ambil beberapa potong daun lidah buaya.
  • Cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, lalu diblender.
  • Minum jus ini dengan rutin setiap hari.


    Mudahkan bunda, semua bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan. Tetapi apabila bunda tidak mau ribet jika ingin meminumkan obat pada sang buah hati,, saya punya solusinya. Yaitu dengan Ambejoss dan salep salwa. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan meminum kapsul Ambejos setiap 3x sehari, dan mengoleskan salep salwa pada ambeien. Dengan begitu semua keluhan ambeien yang ada akan sembuh. 


Ingin tahu lebih lanjut ?? Bnda bisa hubungi nomor ini sms/tlfn/WA : 087879973084. selamat mencoba**


Cara Mengobati Ambeien Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dedep

0 komentar:

Posting Komentar